Soal Impor Senjata, DPR Bakal Panggil Kapolri



Wakil Ketua DPR RI Fadli Zon memastikan, pihaknya bakal memanggil Kapolri Jenderal Tito Karnavian untuk menjelaskan soal pembelian senjata. Pasalnya pembelian senjata oleh Polri tengah menjadi sorotan publik belakangan ini.
Hal tersebut mengemuka seiring pernyataan Panglima TNI Jenderal Gatot Nurmantyo soal adanya institusi yang akan mendatangkan senjata.
“Mungkin besok (Senin 2/10)di DPR, termasuk baik pimpinan maupun terkait, Komisi I terutama bisa akan coba mengundang, supaya ada klarifikasi yang jelas terkait masalah ini. Karena kalau tidak, ini akan terus simpang siur,” kata Fadli di Monumen Pancasila Sakti, Jakarta Timur, Minggu (1/10).
Sebelumnya diberitakan, Mabes Polri mengkonfirmasi adanya impor 280 senjata dan 5.000 butir peluru yang saat ini masih berada di Bandara Soekarno-Hatta.
Kadiv Humas Polri Irjen Pol Setyo Wasisto mengatakan senjata tersebut adalah milik institusinya dan merupakan barang sah dengan pengadaan yang legal.
Sementara Menko Polhukam Wiranto mengatakan, permasalahan semacam ini sebenarnya tak perlu diketahui dan menjadi konsumsi publik.
Ia meminta tidak ada keributan di masyarakat mengenai masalah ini dan biarkan pemerintah berkoordinasi lebih lanjut.
“Biarkan kami, berikan kesempatan ke saya untuk sama-sama dengan Panglima TNI, dengan Kapolri, BIN, dengan Pindad dan siapa pun yang terlibat pengadaan senjata, biar kami koordinasi menyelesaikan itu,” kata Wiranto.

sumber: aktual

loading...

Subscribe to receive free email updates:

loading...