Panglima TNI: Indonesia Tak Pecah karena Pancasila Dijaga Umat Islam



Panglima TNI Jenderal Gatot Nurmantyo tampak kagum dengan Indonesia. Mengapa? Karena meski memiliki 174 suku, Indonesia tidak terpecah-pecah menjadi 174 negara.

Berbeda dengan negara lain. Seperti, ia mencontohkan, Yugoslavia yang pecah menjadi tujuh negara, lalu Sudan yang pecah jadi dua negara, dan Uni Soviet yang pecah jadi 15 negara. Menurutnya persatuan Indonesia ini karena Pancasila dijaga.

“Yang jaga (Pancasila) siapa? Umat Islam,” ujarnya dalam pengajian bulanan Muhammadiyah di Gedung Pusat Dakwah Muhammadiyah, Menteng, Jakarta Pusat, Jumat (06/10/2017) malam Sabtu kemarin.

Gatot menambahkan, keadaan di Indonesia bisa aman lantaran ada ajaran cinta tanah air sebagian dari iman. Jadi menurutnya tidak bisa dipisahkan antara TNI dengan umat Islam.

“TNI dengan Islam dalam menjaga kedaulatan tidak pernah lepas,” ucapnya.

Kendati begitu, Gatot mengingatkan, saat ini Indonesia sedang diintip untuk dipecah belah dan dirampok hartanya.

Anugerah dari Allah Subhanahu Wata’ala berupa sumber daya alam yang melimpah dan sumber daya manusia yang baik, dinilainya bisa menjadi petaka manakala rakyat terpecah-pecah.

Banyak celah-celah yang ada, ujarnya, yang bisa digunakan untuk merusak bangsa ini.

“Tetapi selama umat Islam bersatu, ndak akan (bangsa ini rusak),” kata Gatot optimistis yang disambut pekik takbir jamaah pengajian.

“Menguasai Indonesia,” kata Gatot, “hanya dengan cara mengadu domba.”

sumber: hidayatullah

loading...

Subscribe to receive free email updates:

loading...