Jokowi Nobar Film G30S PKI, Amien Rais: Alhamdulillah



Mantan Ketua Umum Partai Amanat Nasional (PAN) Amien Rais mengucap syukur tatkala mengetahui Presiden Joko Widodo ternyata turut dalam aksi nonton bareng atau nobar film Penghianatan G30S PKI. "Alhamdulillah, saudara Jokowi juga sudah ikut nobar film ini," ujar Amien Rais di sela menghadiri acara nonton bareng Film G30S PKI dan diskusi Refleksi 62 tahun G30SPKI di Masjid Balai Kota Yogyakarta Sabtu sore 30 September 2017.

Presiden Jokowi pada Jumat 29 September 2017 ikut nonton bareng film Penghianatan G30S/PKI di Markas Korem 061/Suryakancana Bogor. Jokowi datang mengenakan jaket merah dan duduk di barisan paling depan. Ia menonton acara tersebut bersama warga di sekitar lapangan Korem Suryakancana.

Amien pun menuturkan, pihaknya sangat bersyukur karena akhirnya film G30S PKI kini diputar dan bisa ditonton kembali rakyat Indonesia atas instruksi Panglima TNI Jenderal Gatot Nurmantyo. "Melalui instruksi (nonton film bareng) oleh Panglima TNI itu akhirnya kita bisa bergairah kembali membuka sejarah hitam kelam bangsa," ujarnya.

Amien mengatakan dari diputarnya kembali film G30S PKI itu ia melihat kesadaran bangsa akan bahaya komunisme makin kuat. Pasca-Presiden Jokowi nonton bareng film G30S PKI itu, Amien pun berharap tak ada lagi upaya terselubung berbagai pihak yang berupaya membangkitkan komunisme sejenis Partai Komunis Indonesia (PKI). "Artinya tak ada lagi cuitan-cuitan yang bikin marah bangsa soal kebangkitan PKI," ujar Amien.

Cuitan yang bikin marah yang dimaksud Amien ketika ada kabar 20 juta kader PKI akan bangkit tapi dibiarkan negara. Lalu juga ketika ada remaja yang menggunakan kaos berlogo PKI tapi dibiarkan karena dianggap masih anak-anak. "Padahal (pembiaran) itu berbahaya," ujar Amien.

sumber: tempo


loading...

Subscribe to receive free email updates:

loading...