Jokowi Minta 800 Anak Usaha BUMN Dijual, PDIP: Kalau Sudah Dikaji Masih Tidak Punya Harapan...



Pernyataan Presiden Joko Widodo (Jokowi) yang meminta agar anak usaha BUMN disatukan dan jika perlu anak perusahaan plat merah yang jumlahnya mencapai 800 lebih untuk dijual, mendapat tanggapan Anggota DPR RI dari Fraksi PDIP, Darmadi Durianto.

Menurut Darmadi, Presiden Jokowi harus melakukan kajian secara mendalam sebelum keinginannya untuk menjual 800 anak usaha BUMN tersebut dilaksanakan.

"Kalau setelah dikaji, ternyata sudah tidak punya harapan lagi maka mungkin bisa dipertimbangkan untuk dijual," ujar Darmadi di Gedung DPR RI Jakarta, Jumat (6/10).

Dalam hal ini, Darmadi mengingatkan bahwa Presiden Jokowi tidak bisa langsung menjual anak perusahaan BUMN tersebut, pasalnya di dalam UU No.19 Tahun 2003 tentang BUMN penjualan itu harus mendapat persetujuan dari DPR.

"Menjualnya juga tidak bisa langsung, prosesnya bertahap. Jadi intinya mau dijual atau tidak itu tergantung hasil kajian. Penjualan anak usaha BUMN harus mendapat persetujuan dari DPR, ini yang banyak pihak tidak tahu. Dan prosesnya cukup rumit," pungkas Darmadi.

sumber: jitunews

loading...

Subscribe to receive free email updates:

loading...