PAN: Indonesia Harus Mencontoh Turki dalam Menyikapi Krisis Rohingya



Politisi Partai Amanat Nasional (PAN), Muslim Ayub, mengatakan, pemerintah Indonesia harus mencontoh pemerintah Turki dalam menyikapi krisis kemanusiaan etnis Rohingya.

Menurutnya, Presiden Turki, Recep Tayep Erdogan, sangat sigap dalam memberikan sikap terhadap persoalan tersebut, dan secara fisik hadir ke lokasi pengungsi ikut memberikan bantuan kemanusiaan dan dukungan moral. 

"Bahkan negara sekular itu menyiapkan bantuan dana bagi Bangladesh, untuk membantu karena negara itu menjadi negara tujuan pelarian Muslim Rohingya," ujar Ayub di Jakarta, Minggu (10/9) malam.

Ayub menjelaskan bahwa peran Indonesia dalam membantu menyelesaikan konflik di banyak negara memang sudah tidak perlu diragukan. Pengiriman pasukan TNI dan Polri untuk misi kemanusiaan oleh PBB sudah teruji. 

Dalam hal ini, Ayub tidak membantah bila opsi ini bisa dilakukan dalam menyelesaikan konflik kemanusiaan yang terjadi di Rakhine, Myanmar. 

"Tetapi bisa juga secara paralel, upaya yang lebih tegas diambil Indonesia, seperti menyeret Aung Saan Suu Kyi ke Mahkamah Internasional atau mendorong agar keanggotaan Myanmar dalam ASEAN ditinjau ulang," pungkasnya.

sumber: jitunews
loading...

Subscribe to receive free email updates:

loading...
close
==[ Klik disini 1X ] [ Close ]==