Nah! Akar Rumput PPP Tolak Perppu Ormas



Ketua Fraksi PPP di DPR Reni Marlinawati mengaku, pihaknya masih mengkaji soal substansi Perppu nomor 2 tahun 2017 tentang Ormas. Namun, menurutnya, kader PPP di bawah menginginkan agar Perppu Ormas itu ditolak.

"PPP ini di bawah akar rumput masih banyak yang menolak, masih banyak aspirasi yang masuk ke PPP untuk menolak," kata Reni di Kompleks Parlemen, Senayan, Jakarta, Jumat (8/9/2017).

Reni mengungkapkan, ada sejumlah alasan kenapa akar rumput PPP menolak Perppu Ormas. Di antaranya ditinjau dari perspektif hukum, sosial dan agama. Akan tetapi, ucap dia, sebagian besar khawatir Perppu itu dijadikan alat memberangus ormas lain di luar Hizbut Tahrir Indonesia (HTI).

"Terus kenapa kok tiba-tiba begini yang jadi preseden, jadi kekhawatiran masyarakat itu ini jadi preseden untuk dilakukannya penutupan pembubaran ormas-ormas lainnya," terangnya.

Wakil Ketua Umum PPP ini menuturkan, partainya membutuhkan informasi dan kajian sebelum mengambil keputusan soal Perppu Ormas.

"Maka itu kenapa kita memerlukan informasi yang komperhensif, memerlukan kajian yang mendalam agar ketika kita nanti memberikan penjelasan kepada masyarakat sesuai dengan informasi yang utuh," tutup Reni.

Sejauh ini, Komisi II DPR telah menggelar rapat internal untuk membahas jadwal dan mekanisme pembahasan Peraturan Pemerintah Pengganti Undang-undang (Perppu) Nomor 2 Tahun 2017 tentang Organisasi Kemasyarakatan (Perppu Ormas). Keputusan soal Perppu Ormas itu akan diputuskan dalam rapat paripurna masa sidang I pada 28 Oktober 2017 mendatang.

loading...

Subscribe to receive free email updates:

loading...
close
==[ Klik disini 1X ] [ Close ]==