Kunjungi Pengungsi Rohingya, Perdana Menteri Bangladesh: Kami di Samping Kalian



Perdana Menteri Bangladesh, Sheikh Hasina mengunjungi kamp penampungan pengungsi muslim Rohingya Kutupalong, di Ukhiya, Cox’s Bazar perbatasan Bangladesh-Myanmar, Selasa (12/09).

Dalam pidatonya di hadapan pengungsi Rohingya, Perdana Menteri Bangladesh mengatakan akan berusaha mengembalikan pengungsi muslim Rohingya ke Myanmar. “Saya menyadari rasa sakit kehilangan kerabat,” kata Hasina.

“Orang-orang Rohingya yang datang ke sini dan kehilangan rumah akan mendapatkan tempat penampungan sementara. Kami berusaha agar kalian bisa kembali ke negara kalian sendiri,” imbuhnya.

Kunjungan Perdana Menteri Hasina di kamp pengungsi Ukhiya, Cox’s Bazar hanya berlangsung selama dua belas menit. Dia mendesak masyarakat Internasional untuk menekan Myanmar agar segera memulangkan etnis Rohingya.

“Atas nama kemanusiaan, kami memberi kalian penampungan, dan kami akan disamping kalian dalam kesulitan yang kalian alami,” kata Hasina.

Sheikh Hasina mengaku prihatin dengan pembantaian dan pembakaran yang dilakukan tentara Myanmar di Rkahine State. Sementara, mayat perempuan dan anak-anak banyak ditemukan mengambang di Sungai Naf. Menurutnya, situasi seperti itu tak bisa diterima dan ditoleransi. 

[kn]
loading...

Subscribe to receive free email updates:

loading...