Jawa Barat Siap Tampung Korban Rohingya



Gubernur Jawa Barat, Ahmad Heryawan menyatakan, Jawa Barat siap menampung korban tragedi kemanusiaan muslim Rohingya Myanmar. Menurutnya, provinsi yang dia pimpin siap jadi penyambung asa jika pemerintah pusat mengeluarkan instruksi membuka posko bantuan.

"Tentu kita ikut pemerintah pusat. Jika pemerintah pusat mengatakan tampung di Jawa Barat, tentu ditampung," ujar Ahmad Heryawan seusai penggalangan dana bantuan Rohingya di Gedung Sate Kota Bandung, Jawa Barat, Jumat 8 September 2017.

Pria yang akrab disapa Aher itu menuturkan, keputusan untuk memberikan bantuan khusus bagi para korban Rohingya, berada di kewenangan pemerintah pusat. "Urusan mengungsi, urusan pemerintah pusat. Pusat yang mengatur, tapi kalau kemudian pusat menugaskan ke Jawa Barat, tentu kita harus siap," katanya.

Aher memastikan, Pemprov Jawa Barat siap mendukung penuh langkah konkret pemerintah pusat dalam penanganan muslim Rohingya. Menurutnya, berkaca pada posko penampungan korban asal Vietnam di Pulau Galang di Kota Batam Riau, maka Jawa Barat optimis bisa berkontribusi mengurangi beban muslim Rohingya.

"Siap tidak menolak. Kita punya pengalaman yang hebat. Ketika kita menampung pengungsi Vietnam di Pulau Galang, berapa tahun mereka hidup di Pulau Galang? Mereka kembali ketika negaranya aman kembali," terangnya.

Aher menuturkan, pengalaman tersebut akan menjadi motivasi masyarakat Jawa Barat menjadi membantu korban konflik di Rohingya.

"Kita punya pengalaman. Boleh jadi, pengalaman tersebut untuk Rohingya," katanya.

sumber: viva
loading...

Subscribe to receive free email updates:

loading...
close
==[ Klik disini 1X ] [ Close ]==