Sering Kebobolan, Kemenkumham Siapkan Empat Lapas Khusus Napi Narkoba



Beragam cara terus dilakukan Kementerian Hukum dan Hak Asasi Manusia (Kemenkumham) untuk memutus mata rantai peredaran narkoba dari dalam lapas.
Pasalnya, sudah menjadi rahasia umum bila otak peredaran gelap narkoba seringkali berasal dari mereka yang dipenjara. Biar gak kebobolan, Kemenkumham kini sudah menetapkan empat lapas yang khusus diisi para bandar narkoba.
“Empat lapas yang ditetapkan adalah Lapas Gunung Sindur Bogor, Lapas Lahat Sumatera Utara, Lapas Batu di Nusakambangan dan Lapas Kasongan di Kalimantan Tengah,” kata Dirjen Permasyarakatan Kemenkumham, Makmun saat jumpa pers di Kantor Ditjen PAS, Jalan Veteran, Jakarta Pusat, Rabu (2/8/2017).
Nantinya, Kemenkumham dan BNN akan berkoordinasi untuk memutuskan siapa saja napi kasus narkoba yang harus mendekam di sana. Mengingat keamanan di lapas tersebut sangat amat ketat.
“Di empat lapas itu nantinya akan diawasi oleh gabungan secara berlapis dengan bekerja sama dengan BNN dan kepolisian,” katanya.
Dengan adanya Lapas tersebut, Makmun berharap mata rantai peredaran narkoba yang dikendalikan dari dalam lapas dapat terputus.
Apalagi, empat lapas tersebut akan menjadi prioritas pemerintah. Terlebih, infrastrukturnya juga lebih lengkap dibandingkan dengan lapas biasa.
“Empat lapas itu dilengkapi dengan sarana keamanan x-ray, senjata api, petugas khusus dari BNN, Polri dan lain-lain,” pungkas Makmun.
loading...

Subscribe to receive free email updates:

loading...