Nah Loh! Besok, 260 Penjahat Siber Asal Cina Bakal Dipulangkan ke Negara Asal



Sebanyak 260 WN Cina dan Taiwan yang terlibat kejahatan cyber crime akan dipulangkan ke negara asalnya pada Kamis (3/8/2017) esok.
Kabid Humas Polda Metro Jaya, Kombes Argo Yuwono menyebut kepulangan pelaku kejahatan cyber ini bakal dikawal 156 polisi Cina.
“Nanti akan diberangkatkan dari Bandara Soekarno – Hatta terminal T2 dengan maskapai penerban‎gan yang sudah dicarter,” kata Argo kepada wartawan di Jakarta, Rabu (2/8/2017).
Rencananya, mereka akan dipulangkan pagi hari dengan menggunakan pesawat nomor penerbangan CZ 8683-8684.
“Sesampainya di negara mereka, pelaku akan langsung menjalani proses hukum,” tutup Argo.
Seperti diketahui, 153 pelaku cyber crime melakukan modus penipuannya dengan berpura-pura menjadi penegak hukum di negara Cina. Salah satunya menjadi Jaksa atau Polisi.
Korban diancam sedang terlibat kasus tertentu yang sedang ditangani oleh aparat penegak hukum. Mereka yang tertipu lantas segera mengirimkan uang ke rekning yang dijanjikan. Ada yang bisa kirim sampai Rp 100 juta.
Pelaku bekerjasama dengan sindikat di China untuk mencari korbannya. Nanti dicari korban yang tengah tersangkut hukum dan bisa diperdaya.
Namun, polisi belum bisa memastikan berapa jumlah korban, lantaran penanganannya murni ditangani penyidik Kepolisian Cina.
loading...

Subscribe to receive free email updates:

loading...