Nah Lho, Warga Pesisir Sebut Zaman Soeharto Lebih Enak daripada Jokowi



Warga Kampung Kamal Muara, Jakarta Utara menuding Presiden Joko Widodo (Jokowi) gagal memperbaiki kesejahteran ribuan warga yang terkena dampak proyek reklamasi.
Salah satu warga, Jumadi Acho menilai hidupnya lebih sejahtera di era pemerintahan Presiden Soeharto. Selain harga-harga yang terbilang murah, kehidupan nelayan juga diperhatikan.
“Kalau saya merasakan, Presiden dahulu ya lebih baik ya dengan pemerintahan sekarang,” kata Acho kepada Kriminalitas.com di Jakarta, Senin (14/7/2017).
Pria yang sudah 20 tahun tinggal di Kamal Muara ini mengaku hidupnya menderita pasca tempat mencari nafkahnya digusur demi pembangunan proyek reklamasi.
Gara-gara megaproyek itu, dia dan beberapa warga pesisir bingung untuk mencari nafkah bagi keluarga.
“Dulu kami hidup dari laut. Kalau sekarang sudah tak ada kebebasan lagi di laut, kami cari kehidupan didarat,” sesal dia.
“Bahkan‎, karena adanya proyek itu, banyak warga setempat yang pindah mata pencahariaanya sebagai pekerja kasar seperti buruh. Jadi tak sesuai dengan bidangnya,” keluh Acho.
Sebelum digusur, Acho mengaku orangtuanya yang bekerja sebagai peternak udah bisa meraup Rp 1 juta sehari. Sementara, kini hanya dapat Rp 100 ribu per hari.
Dia berharap, di momen hari kemerdekaan ke-72 ini, Acho dan ribuan warga pesisir bisa hidup lebih baik. Sehingga, mereka bisa merasakan arti kemerdekaan yang sebenarnya.
‎”Harapan kesehjateran nelayan lebih ditingkatkan. Jangkauan untuk nelayan itu dikasih akses lah. Supaya bisa melaut lebih jauh, jangan seperti ini,” harapnya.

loading...

Subscribe to receive free email updates:

loading...