Muncul Petisi untuk Jokowi agar Tak Reshuffle Menteri Susi



Isu reshuffle kabinet terus bergulir. Dan kabarnya, Presiden Joko Widodo dalam waktu dekat akan melakukan perombakan Kabinet Kerja. 

Isu liarnya, Menteri Kelautan dan Perikanan, Susi Pudjiastuti, diisukan masuk dalam daftar menteri yang akan diganti (reshuffle). 

Menteri Susi dalam beberapa kali kesempatan pernah juga menyampaikan soal ada yang ingin dia diganti. Tak hanya itu saja, Kepala BIN Budi Gunawan pernah menyebut ada kartel yang ingin Susi diganti.

Mengingat keberhasilan Menteri Susi selama ini dalam memberantas praktik perikanan yang tidak sah di tanah air, masyarakat Indonesia meminta Jokowi tak mengganti Susi. Permintaan tersebut disampaikan masyarakat melalui petisi online. 

Petisi yang dibuat melalui situs Change.org itu ditujukan untuk Jokowi, agar tetap mempertahankan Susi Pudjiastuti sebagai Menteri hingga periode 2019 mendatang. 

"Sosok Susi Pudjiastuti yang serius dalam bekerja dan tulus mengabdi bagi negeri ini. masih sangat dibutuhkan dalam kabinet kerja pemerintahan Jokowi. Khususnya dalam mewujudkan cita-cita Indonesia menjadi Poros Maritim Dunia," tulis pembuat petisi.

Petisi yang dibuat oleh Emerson Yuntho itu, hingga hari ini pukul 09.31 WIB, petisi itu sudah mendapatkan 46 pendukung. Dibutuhkan 56 tanda tangan lagi untuk melengkapinya. Petisi ini baru dibuat.

Ditulis dalam petisi ini, sejumlah bukti prestasi Susi, mulai dari antara lain penghargaan kelas dunia dari WWF International sebagai Leaders for a Living Planet, dan penghargaan untuk kategori kepemimpinan dari  Peter Banchley Ocean Award, yang dianggap sebagai penghargaan maritim tertinggi dunia atas visi dan kebijakan pembangunan ekonomi serta konservasi  laut Indonesia.

Sejumlah netizen menulis beragam komentar senada dengan isi petasi. Mereka menilai Menteri Susi masih layak menjabat dan harus dipertahankan oleh Jokowi. 

"She is a great leader. Indonesia needs her to revolutionize our maritime sector especially with current developing maritime industrial sector," tulis Ardi Hendhart.

"Karena Susi puastuti telah membuktikan kepada dunai kinerjanya dan telah medapat pengakuan dunia," kata Loto Yahmudin

"Saya puas dengan kinerja ibu Susi," komentar Asrini Wiranti.

Sementara itu mengomentari isu reshuffle dirinya, Menteri Susi menanggapinya dengan santai. Menurutnya, reshuffle kabinet adalah hak penuh dari presiden.

"Ya itu kan hak prerogatif presiden. Tiap tahun kan begitu (isunya) mau diganti," ujar Susi saat ditemui di gedung DPR, Senayan, Jakarta, Selasa (11/7).

Susi juga enggan mengomentari lebih lanjut tentang reshuffle kabinet. Dia lebih memilih untuk menghindar.


loading...

Subscribe to receive free email updates:

loading...