Loh Kok? Apa Gak Kebalik? Luhut: Singapura Akan Pasok Kebutuhan LNG Indonesia



Menteri Koordinator Kemaritiman Luhut Pandjaitan mengatakan pada hari Selasa (15/8/2017) bahwa Singapura telah menawarkan untuk memasok gas alam cair (liquefied natural gas / LNG) untuk pembangkit listrik di beberapa lokasi di Indonesia.

Penawaran tersebut didiskusikan dalam sebuah pertemuan yang diadakan di Kantor Kementerian Koordinator Kemaritiman dengan perusahaan listrik negara PT Perusahaan Listrik Negara (PLN) dan Kementerian Energi dan Sumber Daya Mineral (ESDM).

Luhut mengatakan bahwa pasokan LNG akan digunakan untuk menyalakan beberapa pembangkit listrik di tujuh wilayah yang dekat dengan Singapura.

"Singapura telah menawarkan LNG untuk bahan bakar pembangkit listrik di tujuh tempat, termasuk di Nias, Sumatera Utara, di Lhouksemawe, Aceh, dan di Riau, dll," kata Luhut.

Dia menambahkan bahwa LNG akan dipasok untuk pembangkit listrik kecil dengan kapasitas antara 25 megawatt hingga 50 megawatt.

"Kapasitas totalnya hampir 500 megawatt, tapi akan dibagi di beberapa tempat terpencil," katanya.

Luhut mengatakan bahwa pemerintah akan membuka tender pengadaan, namun dia menolak untuk mengkonfirmasi perusahaan Singapura mana yang akan berpartisipasi. (Dis)


Indonesia impor LNG dari Singapura???

TENTU INI SANGAT ANEH...

Di situs Kementerian ESDM ditulis:

Indonesia Eksportir LNG Terbesar di Dunia

Indonesia mengekspor sekitar 47,2 persen atau 3.389,9 MMSCFD LNG dari total ekpor gas setiap tahunnya.

Menurut dia, gas bumi merupakan salah satu sumber energi yang cukup besar yang dimiliki Indonesia, dimana cadangan gas bumi cukup untuk memenuhi kebutuhan negara itu selama 56 tahun kedepan.

Ia menjelaskan, produk gas bumi di Indonesia terdiri dari LNG, Compressed Natural Gas (CNG) atau Bahan Bakar Gas (BBG), elpiji (Liquid Petroleum Gas/LPG), serta Natural Gas (gas bumi).

Namun, kata dia, dari total produksi gas bumi sebesar 8,13 BSCFD, sekitar 41,6 persen digunakan untuk keperluan domestik dan sisanya untuk diekspor, dengan komoditi utama LNG.


KOK SEKARANG IMPOR???

Hancur beneran kalo gini... Negeri dengan cadangan gas alam berlimpah-limpah bakal dipasok gas alam oleh negeri seupil yang entah di mana tambang migas-nya. 

[pi]
loading...

Subscribe to receive free email updates:

loading...