Laskar FPI Latihan Berbaris Jelang Milad Akbar ke-19



Ratusan anggota Laskar Pembela Islam menggelar latihan baris-berbaris di Stadion Kamal Muara, Jakarta Utara, Minggu (6/8). Latihan digelar sebagai persiapan menyambut perayaan hari ulang tahun atau milad Front Pembela Islam ke 19.

Panglima Besar LPI Maman Suryadi mengatakan, pihaknya menekankan disiplin dan penguatan mental kepada para laskarnya jelang milad yang diadakan pada 19 Agustus mendatang di stadion yang sama.

"Kami tidak ada iming-iming seperti pasukan bayaran, tapi kami tekankan disiplin dan rasa memiliki untuk perjuangan," kata Maman saat ditemui di lokasi.

Para laskar yang berkumpul hari ini datang dari wilayah Jabodetabek. Mereka berasal dari beragam usia dan berbagai kalangan masyarakat. Maman mengklaim laskar yang hadir pada latihan gabungan kali ini mencapai 500 orang.

Dia menargetkan pada puncak acara akan dihadiri sekitar 7.000 laskar dari berbagai daerah, seperti Jawa Barat, Jawa Tengah, Jawa Timur, Kalimantan, Sulawesi, Madura.

Para Laskar ini akan menunjukkan kemampuan baris berbaris, ujuk ketangkasan seperti menyajikan yel-yel, atraksi bela diri, hingga kirab budaya.

Dalam latihan kali ini, para laskar berpakaian bebas tanpa seragam. Mereka meneriakkan yel-yel yang berbeda dari setiap wilayah. Beberapa kali mereka mengulang gerakan berbaris hingga tertib.

Di luar latihan gabungan hari ini, kata Maman, LPI juga menggelar latihan rutin baris berbaris di wilayah masing-masing selama dua kali dalam seminggu.

Panglima LPI Jakarta Pusat Muhammad Zaki mengatakan, laskarnya juga menggelar latihan dan mempersiapkan agenda Milad FPI hingga ke tingkat pengurus cabang.

"Kami fokus untuk parade kali ini untuk persiapan milad," kata Zaki usai latihan.

FPI berencana menggelar perayaan milad ke-19 di Stadion Kamal Muara pada Sabtu (19/8). Acara akan dimulai pada pukul 03.00 WIB dengan agenda salat tahajud dilanjutkan subuh berjamaah. Selain itu ada pula doa untuk negeri, pentas seni Islami, parade laskar, dan ceramah agama.

Pada milad kali ini, FPI mengusung tema Merawat Kebinekaan dalam Bingkai NKRI Bersyariah. Acara ini sekaligus peringatan HUT RI ke 72, karena dalam kegiatan tersebut akan diisi dengan acara lintas agama dan budaya untuk NKRI. 

loading...

Subscribe to receive free email updates:

loading...