Doakan Jokowi Gemuk, Budayawan: Tak Ada yang Salah, Niat Tifatul tak Buruk



"Beri petunjuklah Presiden Republik Indonesia Bapak Joko Widodo, gemukkanlah badan beliau, ya Allah." Doa yang dibacakan anggota MPR dari Fraksi Partai Keadilan Sejahtera, Tifatul Sembiring, pada Sidang Tahunan MPR (16/08) ini mengundang polemik.

Tokoh LP3ES yang dikenal sebagai loyalis Joko Widodo, Rustam Ibrahim, meminta agar pembacaan doa pada acara resmi kenegaraan tidak diserahkan ke politisi, tetapi kepada kyai atau ulama independen.  

“Sangat setuju! Jangan serahkan baca doa kepada para politisi. Bisa-bisa doanya dipolitisir. Apalagi jelang Pilpres. Minta doa kyai/ulama independen,” tulis Rustam di akun Twitter @RustamIbrahim.

@RustamIbrahim meretweet penyataan akun @na_dirs, milik intelektual muda Nahdlatul Ulama, Nadirsyah Hosen yang sebelumnya menulis: “Mas Menteri @pramonoanung mohon dipertimbangkan untuk acara kenegaraan resmi jangan politisi yang membaca doa. Gak elok jadinya.”

Di sisi lain, aktivis sosial media Ardi Wirdakusuma, meminta semua pihak untuk tidak menuding “doa Tifatul” sebagai komedisasi dan politisasi. “Orang berdoa yang baik aja dituduh sebagai komedisasi dan politisasi. Karena Tifatul? Baca yang utuh. Plus persepsi gemuk itu sehat berenergi,” tulis Ardi di akun  @awemany.

Terkait polemik ‘doa gemuk Tifatul’ budayawan Mpu Jaya Prema atau Putu Setia, menilai tidak ada yang salah dalam doa Tifatul. “Saya kira niat Tifatul tak buruk. Cuma ia tak pinter melucu, phisik seseorang dibawa-bawa. Tak ada yang salah, cuma sangat aneh. Soalnya dalam doa,” tegas Mpu Jaya Prema di akun @mpujayaprema.

Tifatul sendiri di akun @tifsembiring menulis: “Tadi juga doa agar Presiden diberi kekuatan, kesehatan, keimanan, ketaqwaan hadapi tugas yang berat. Jangan dipotong doa agar  gemuk saja mas,” tulis @tifsembiring merespon sejumlah pertanyaan netizen.

Dalam Sidang Tahunan MPR, Tifatul Sembiring bertugas sebagai pembaca doa. Dalam doanya, Tifatul  mendoakan agar berat badan Presiden Jokowi bertambah dan menghormati ulama.

loading...

Subscribe to receive free email updates:

loading...